Wisata Masjid Terbaik di Jakarta

Wisata Masjid Terbaik di Jakarta

alings Wisata

Wisata masjid terbaik di jakarta menjadi pilihan destinasi tersendiri bagi para pengunjung yang sedang berlibur ke ibu kota Indonesia ini. Pasalnya, kota yang tergolong padat penduduk ini memiliki ratusan bahkan ribuan masjid yang patut Anda kunjungi, baik untuk beribadah, maupun untuk berwisata.

Masjid-masjid di Jakarta banyak yang memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki masjid di daerah lainnya. Banyak turis lokal maupun turis asing yang beragama non Islam juga tertarik berkunjung ke masjid-masjid di Jakarta.

Berikut ini wisata masjid terbaik yang ada di Jakarta

  1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal terletak tepat di depan Gereja Katedral. Hal ini menunjukkan toleransi dan saling menghormati antar agama. Masjid yang mampu memuat 200.000 jamaah ini adalah ide dari Presiden Soekarno. Pembangunannya memakan waktu 17 tahun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Masjid ini didesain oleh seorang protestan melalui sayembara desain masjid. Masjid Istiqlah didesain dengan memadukan nilai keislaman dan nasionalisme. Sebagai contoh, kubahnya berukuran 45 m menunjukkan tahun kemerdekaan. Lantai yang berjumlah lima menunjukkan lima sila pada Pancasila dan juga Rukun Iman. Adapun 12 pilar yang dibangun menunjukkan tanggal lahir Nabi Muhammad.

  1. Masjid Ramlee Musthofa

Masjid yang dibangun oleh H. Ramlee ini sekilas mirip bangunan Taj Mahal di India. Masjid ini terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara, tepatnya di depan Danau Sunter. Sisi kanan dan kiri Masjid Ramlee Musthofa dikelilingi oleh rumah-rumah elit. Pembangunan masjid memakan waktu 5 tahun dengan marmer yang didatangkan dari Turki dan Italia. Untuk mendapatkan karpet masjid terbaik, Anda dapat membelinya melalui agen jual karpet masjid Jakarta.

  1. Masjid Cut Meutia

Masjid ini terletak di Jalan Cut Meutia. Bangunan dari masjid ini merupakan alih fungsi dari paninggalan zaman Belanda. Dulunya, bangunan ini adalah kantor pengembangan arsitek, sempat beralih menjadi kantor pos, Kantor Urusan Agama, dan terakhir menjadi masjid provinsi.

Wisata masjid terbaik di Jakarta akan mengobati kerinduan Anda pada wisata bernuansa religi di tengah hingar bingar kota besar. Keberadaannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga harus dirawat selayaknya tempat ibadah dan wisata unggulan.

You May Also Like..

3 Candi Buddha Paling Populer Di Yogyakarta

Daerah Istimewa Jogja terkenal dengan bangunan candi-candinya yang “berserakan” di beberapa kawasan seperti Prambanan, Kalasan dan Borobudur. Dari sedemian banyak candi-candi tersebut terdapat candi-candi yang dibangun oleh umat Buddha sebagai tempat ibadah mereka. Candi-candi ini tersebar di beberapa tempat dan lokasinya tak jarang berdekatan dengan cando-candi Hindu. Hal tersebut menandakan bahwa pada era Mataram Kuno masyarakatnya sudah saling menghargai satu sama lain. Candi-candi Buddha tersebut banyak yang menjadi objek wisata populer di Jogja. Apa saja candi-candi Buddha yang sangat populer tersebut? Berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Candi Borobudur

Candi Buddha pertama yang populer adalah Candi Borobudur. Borobudur merupakan candi Buddha paling populer yang ada di Indonesia. Candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke 8 masehi ini merupakan candi Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Setiap harinya ribuan pengunjung datang ke candi ini untuk menikmati keindahan dari candi yang dibangun sebagai tempat para biksu untuk belajar mengenai kehidupan. Bersama-sama dengan Candi Prambanan, Borobudur menjadi salah satu peninggalan budaya oleh UNESCO.

  1. Candi Sewu

Candi Buddha yang populer selanjutnya adalah Candi Sewu. Bangunan ini terletak sekitar satu km di sebelah utara Candi Prambanan dan masih dalam komplek Candi Prambanan. Candi Budha ini memang tidak seterkenal Candi Prambanan namun banyak wisatawan yang singgah ke Candi Sewu selepas mengunjungi Candi Prambanan. Candi yang dibangun pada abad ke 8 ini merupakan candi resmi kerajaan Mataram Kuno yang digunakan untuk tempat beribadah bagi umat Buddha. Terdapat sebuah candi utama yang terdiri dari beberapa ruangan. Awalnya tuangannya hasya satu namun setelah mengalami berbagai renovasi candi utama nya pun memiliki beberapa ruangan lagi. Selain itu candi utama tersebut juga dikelilingi oleh puluhan candi-candi kecil yang mengelilingi candi utama.

  1. Candi Mendut

Candi Buddha yang populer berikutnya adalah Candi Mendut. Bangunan Budha ini terkenal dengan patung Buddha raksasanya. Candi Mendut berada di pinggir jalan besar tepatnya di utara Candi Borobudur sehingga banyak wisatawan yang singgah untuk melhat keindahan candi iniWalau hanya berukuran kecil namun candi ini merupakan candi yang memiliki peran penting bagi umat Buddha.

Demikianlah candi-candi Buddha yang populer di Yogyakarta Jika Anda tertarik untuk datang dan menyaksikan keunikan dari candi-candi tersebut Anda bisa sewa bus  murah di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *