3 Candi Buddha Paling Populer Di Yogyakarta

alings Wisata

Daerah Istimewa Jogja terkenal dengan bangunan candi-candinya yang “berserakan” di beberapa kawasan seperti Prambanan, Kalasan dan Borobudur. Dari sedemian banyak candi-candi tersebut terdapat candi-candi yang dibangun oleh umat Buddha sebagai tempat ibadah mereka. Candi-candi ini tersebar di beberapa tempat dan lokasinya tak jarang berdekatan dengan cando-candi Hindu. Hal tersebut menandakan bahwa pada era Mataram Kuno masyarakatnya sudah saling menghargai satu sama lain. Candi-candi Buddha tersebut banyak yang menjadi objek wisata populer di Jogja. Apa saja candi-candi Buddha yang sangat populer tersebut? Berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Candi Borobudur

Candi Buddha pertama yang populer adalah Candi Borobudur. Borobudur merupakan candi Buddha paling populer yang ada di Indonesia. Candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke 8 masehi ini merupakan candi Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Setiap harinya ribuan pengunjung datang ke candi ini untuk menikmati keindahan dari candi yang dibangun sebagai tempat para biksu untuk belajar mengenai kehidupan. Bersama-sama dengan Candi Prambanan, Borobudur menjadi salah satu peninggalan budaya oleh UNESCO.

  1. Candi Sewu

Candi Buddha yang populer selanjutnya adalah Candi Sewu. Bangunan ini terletak sekitar satu km di sebelah utara Candi Prambanan dan masih dalam komplek Candi Prambanan. Candi Budha ini memang tidak seterkenal Candi Prambanan namun banyak wisatawan yang singgah ke Candi Sewu selepas mengunjungi Candi Prambanan. Candi yang dibangun pada abad ke 8 ini merupakan candi resmi kerajaan Mataram Kuno yang digunakan untuk tempat beribadah bagi umat Buddha. Terdapat sebuah candi utama yang terdiri dari beberapa ruangan. Awalnya tuangannya hasya satu namun setelah mengalami berbagai renovasi candi utama nya pun memiliki beberapa ruangan lagi. Selain itu candi utama tersebut juga dikelilingi oleh puluhan candi-candi kecil yang mengelilingi candi utama.

  1. Candi Mendut

Candi Buddha yang populer berikutnya adalah Candi Mendut. Bangunan Budha ini terkenal dengan patung Buddha raksasanya. Candi Mendut berada di pinggir jalan besar tepatnya di utara Candi Borobudur sehingga banyak wisatawan yang singgah untuk melhat keindahan candi iniWalau hanya berukuran kecil namun candi ini merupakan candi yang memiliki peran penting bagi umat Buddha.

Demikianlah candi-candi Buddha yang populer di Yogyakarta Jika Anda tertarik untuk datang dan menyaksikan keunikan dari candi-candi tersebut Anda bisa sewa bus  murah di Jogja.

You May Also Like..

Wisata ke Seribu Batu Songgo Langit

Wisata alam Seribu Batu Songgo Langit belakangan ini cukuplah seringkali jadi pembicaraan di sejumlah alat. Satu diantara tujuan wisata yang berada di lokasi Bantul Selatan, Yogyakarta, ini memang memberi warna baru untuk wisata Yogyakarta. Karenanya ada inspirasi wisata Seribu Batu ini, Kamu akan mempunyai lebih beberapa pilihan untuk nikmati waktu berlibur di Yogyakarta.

Diluar itu, ide wisata Seribu Batu ialah wisata alam. Di lokasi wisata ini, Kamu akan temukan banyak pohon-pohon serta batu besar dari gunung. Nah, dengan formasi alam yang pas, Kamu akan rasakan kesejukan yang mengagumkan dalam tempat ini. Ingin tahu dengan inspirasi wisata satu ini? Kamu bisa menggunakan jasa paket wisata ke jogja dari TripJogja.co.id. Baca beberapa penjelasan secara singkat di di bawah ini.

Apa Saja yang berada di Seribu Batu Songgo Langit?

Seribu Batu Songgo Langit
Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit adalah satu diantara obyek wisata yang menyediakan keindahan alam yang cukuplah komplet serta mengagumkan. Dulunya, sebelum jadi Taman Seribu Batu, tempat ini adalah kebun yang cukuplah rimbun serta lebat. Bukan sekedar penuh dengan pohon besar, ada juga bukit yang cukuplah menjulang. Berikut asal dimana lokasi ini diberi nama Songgo Langit Bantul.

Nah, di tempat ini, Kamu dapat mendaki sampai ke arah pucuk Songgo Langit. Bukit ini cukuplah menjulang serta seakan seperti tengah menyokong langit. Tidak hanya bukit, sekarang terdapat beberapa spot photo yang begitu menarik di wisata Songgo Langit yang pasti bisa menjadi hiburan menyenangkan buat Kamu yang bertandang.

Masuk gerbang tempat, Kamu akan disuguhi dengan tangga yang terbuat dari kayu serta ke arah spot pertama. Spot pertama ini menyiapkan ide rumah dongeng atau yang biasa dimaksud dengan rumah 1000 kayu.

Satu diantara spot sangat menarik di sini yaitu rumah kurcaci. Kamu dapat berfoto ria di Rumah Hobbit Jogja dengan latar belakang yang mengagumkan. Jika kamu bertandang dengan keluarga bersama si kecil, jangan pernah melupakan spot yang satu ini ya!

Sesudah itu, di spot ke-2 di lokasi Seribu Batu, Kamu akan temukan panggung di dalam rimba pinus. Spot ini ialah spot asik untuk berfoto dengan latar belakang rimba pinus yang lebat atau sebatas bersantai serta nikmati situasi.

Harga ticket masuk Seribu Batu ini pula begitu murah, yaitu cuma Rp 2.000 saja. Tetapi, ticket belum termasuk juga parkir serta cost wahana flying fox bila Kamu ingin mencobanya. Nah, jam membuka Seribu Batu mulai pagi seputar jam 7.00 sampai mendekati petang seputar jam 18.00.

Rute & Cara Menuju ke Seribu Batu Songgo Langit

Dengan sederhana, tempat dari tujuan wisata ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Letaknya cuma seputar 300an mtr. saja dari Kebun Buah Mangunan. Oleh karenanya, sebetulnya, Kamu dapat sekalipun singgah ke Kebun Buah Mangunan bila bertandang ke tempat ini. TripJogja.co.id menyediakan paket tour ke Jogja dari mana saja di Indonesia untuk berwisata ke Jogja.

Untuk rute ke arah ke tempat Seribu Batu Jogja, Kamu perlu mengawali perjalanan dengan ke arah ke Terminal Giwangan. Sesudah itu, lurus ke selatan ke arah ke Jalan Imogiri Timur. Perjalanan ini cukuplah panjang sebab Kamu perlu lurus sampai akhir Jalan Imogiri.

Sesudah itu, lihat papan nama untuk ke arah ke Kebun Buah Mangunan. Belok kiri serta ikuti arah ke Makam Raja Imogiri. Nah, sampai di pertigaan sebelum makan, belok kanan. Kamu akan sampai ke Kebun Buah serta di sebelahnya ada Wisata Seribu Batu yang akan Kamu menuju.

Sarana yang berada di Seribu Batu Songgo Langit

Sarana yang disiapkan pengelola Seribu Batu Yogyakarta cukup sudah komplet. Di sejumlah tempat telah ada kantong parkir yang cukuplah luas untuk menyimpan kendaraan. Diluar itu, tersedianya toilet serta mushala dapat juga diketemukan dengan gampang.

Kamu yang ingin berwisata ke tempat ini pun tidak butuh kebanyakan membawa bekal makanan. Di seputar tempat ada cukuplah banyak warung yang menyiapkan jajanan, makanan dan minuman untuk di nikmati.

Tips Saat Berkunjung ke Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Songgo Langit Jogja akan ramai bila akhir minggu. Oleh karenanya, pikirkan untuk pergi ke wisata ini pada weekdays. Diluar itu, waktu terunggul untuk bertandang ke tempat ini ialah mendekati siang sebab matahari akan tampak begitu indah dilihat dari dalam rimba pinus.

Nah, demikian penjelasan mengenai wisata Seribu Batu Songgo Langit Jogja. Tertarik untuk ke tempat ini? Yuk ajak rekan, keluarga atau pasangan kamu untuk hadir ke wisata alam yang berada di Yogyakarta ini.

Sewa Elf Murah Jogja

4 Tips Saat Belanja di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki tempat wisata belanja yang manjadi surga belanja bagi sebagian orang yang sedang berliburan di kota ini. Para wisatawan pada umumnya selalu menyisipkan waktu mereka untuk berbelanja disela-sela kegiatan liburan mereka. Beberapa kawasan belanja yang ada di Yogyakarta selalu diserbu oleh para pelancong yang ini membeli barang-barang yang akan dijadikan sebagai oleh-oleh atau untuk diri sendiri. Jadi tidak mengherankan jika kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo yang menjadi pusat perdagangan tidak pernah sepi dan selalu ramai oleh kegiatan jual beli. Untuk berbelanja di Yogyakarta ada trik-trik tersendiri agar mendapat harga yang murah, berikut tiips berbelanja di Yogyakarta dari kami.

  1. Gunakan Bahasa Jawa

Biasanya para pedagang yang ada di kawasan Malioboro atau Pasar Beringharjo akan memberi harga awal yang cukup tinggi bagi para calon pembeli yang mengunakan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu sebisa mungkin gunakanlah bahasa Jawa saat tawar menawar. Jika Anda bukan orang Jawa dan tidak bisa bahasa Jawa tetap berusaha mengunakan bahasa Jawa sederhana seperi “Piro mas?” atau kalimat sederhana lainnya. Biasanya pedagang akan tertawa atau tersenyum dan akan memberikan harga yang lebih murah.

  1. Berani Menawar

Hal terpenting dalam belanja di pasar adalah berani menawar. Di pusat oleh-oleh yang ada di Yogyakarta, pembeli harus berani menawar barang yang diinginkan. Tentu saja hal ini berlaku di tempat-tempat perbelanjaan seperti Pasar Beringharjo atau di pasar seni di Borobudur dan Prambanan, serta di sepanjang pingiran Malioboro. Di kawasan ini pembeli wajib menawar dan jika usaha menawar Anda tidak berhasil naikkan sedikit demi sedikit tawaran Anda atau berjalanlah ke lain pedagang yang menjajakan barang yang sama.

  1. Teliti

Ketika berbelanja di kawasan wisata Yogyakarta seperti di Pasar Seni Borobudur atau Prambanan dan juga di Malioboro telitilah barang yang ingin Anda beli. Hal ini wajib dilakukan karena terkadang banyak barang-barang yang kualitasnya tidak baik yang diperdagangkan di kawasan ini. Pastikan kualitas barang yang Anda beli sesuai dengan yang Anda inginkan.  Jadi jika tidak ingin kecewa saat membeli barang yang kualitasnya ternyata tidak baik maka telitilah sebelum Anda membelinya.

  1. Jangan Ngotot

Saat berbelanja di Jogja tidak perlu ngotot. Jika Anda telah mendapatkan barang yang Anda inginkan tawarlah. Namun ternyata harganya tidak sesui dengan yang Anda harapkan maka sebaiknya Anda berpindah ke tempat yang lain. Karena di kawasan perbelanjaan umumnya para pedangan menjualkan barang-barang yang sama. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah di pedagang lainnya.

Jika Anda datang dalam rombongan besar, sebaiknya Anda sewa Elf di Jogja.

Wisata Murah Jogja Parangtritis

4 Tips Liburan Murah di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki banyak objek wisata yang selalu dipadati oleh wisatawan yang datang dari penjuru Indonesia. Beraneka ragam objek wisata tersedia di kawasan ini dari wisata alam, budaya, kuliner maupun belanja. Wisatawan yang datang pun bervariasi mulai dari yang datang dengan budget yang besar ada pula yang hanya membawa uang yang terbatas. Wisatawan yang berwisata dengan membawa banyak uang tentu tidak perlu khawatir mengenai akomodasi dan transportasi mereka karena lebih fleksibel dalam menentukan jadwal mereka selama liburan. Tapi tidak demikian dengan mereka yang memiliki budget terbatas, tentu mereka harus hati-hati dalam mengelola uang mereka. Berikut tips dari kami berwisata hemat saat berlibur di Jogja.

  1. Manfaatkan Transportasi Umum

Tips saat berwisata ke Jogja adalah dengan manfaatkanlah transportasi umum. Di Jogja terdapat layanan transportasi berupa Transjogja yang menjangkau tempat-tempat wisata yang berada di kawasan Kota Jogja. Dengan hanya membayar Rp. 3.500,- wisatawan dapat berkeliling Jogja. Objek wisata yang bisa dikunjungi seperti kawasan Malioboro, Benteng Vredenburg, Titik Nol KM, Tugu Jogja, dan masih banyak lagi. Walau terbatas di area kota namun opsi ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

  1. Sewa Kendaraan

Masih mengenai transportasi, tips selanjutnya adalah menyewa kendaraan saat berlibur di Jogja. Karena transportasi umum di Jogja belum bisa menjangkau tempat-tempat wisata yang berada jauh dari kota. maka menyewa kendaraan adalah solusi yang terbaik. Jika Anda sendiri atau berdua, Anda bisa menyewa sepeda motor yang tersedia di rental-rental sepeda motor. Jika Anda membawa banyak rombongan, Anda bisa menyewa mobil. Dengan menyewa kendaraan perjalanan akan lebih nyaman dan juga efisien. Untuk rombongan berjumlah belasan orang bisa sewa elf di Jogja dengan harga yang tentunya murah.

  1. Cari Penginapan Murah

Selanjutnya mengenai penginapan, banyak penginapan murah yang terdapat di Jogja. Jika uang Anda terbatas carilah hotel atau penginapan yang lokasinya agak jauh dari pusat kota karena tarif bermalam di hotel di kawasan kota harganya tinggi. Namun jika Anda tetap ingin menginap di kawasan malioboro carilah motel atau penginapan sederhana yang menawarkan kamar dengan harga yang murah namun dengan pelayanan yang baik. Selain itu gunakan fasilitas internet untuk mencari penginapan yang sesuai dengan keinginan Anda. Gunakan jasa layanan pemesan hotel karena terkadang terdapat promo sehingga harganya menjadi murah.

  1. Cari Makan yang Murah

Soal makanan, Jogja termasuk daerah yang biaya hidupnya rendah. Oleh sebab itu tidak sulit untuk mencari makanan murah disini. Anda bisa makan di restoran nasi padang, warung makan rata-rata, atau warung mie ayam atau bakso. Dengan uang sekitar Rp. 15.000,- Anda bisa menikmati hidangan yang lezat dan nikmat. Selain itu Anda juga bisa mencoba kuliner khas Jogja seperti nasi kucing yang harganya Rp.2.000,- per bungkus serta gorengan yang hanya seharga Rp. 500,- yang semuanya dijajakan di angkringan-angkringan disekitaran Jogja.

Demikan tips berwisata murah di Yogyakarta dari kami. Semoga dapat menjadi tambahan informasi dan juga referensi bagi Anda semua saat mau ambil paket wisata di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *